Monday 28 December 2015

Cara menjadi Networking Academy

semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman yang ingin menjadi trainer untuk dua perangkat networking Cisco dan Mikrotik ataupun sekolah yang ingin menjadi networking academy untuk kedua perangkat tersebut

Menjadi Cisco Networking Academy
  1. Institusi pendidikan resmi (SLTA/SMK atau Perguruan Tinggi)
  2. Mengirimkan surat permohonan mengikuti Cisco Networking Academy via email ke cna@jteti.gadjahmada.edu dengan cc ke agautama@cisco.com .
  3. Menunggu persetujuan dari pihak cisco, apabila disetujui, akan medapatkan balasan email dimana ada aktifasi account institusi.
  4. Setelah institusi menjadi academy, selanjutnya menunggu jadwal pelatihan instruktur di http://itc.te.ugm.ac.id. Apabila sudah menjadi academy tetapi belum ada instruktur, maka tidak dapat membuka kelas.
  5. Apabila sudah mengikuti pelatihan instruktur dan lulus, maka institusi dapat membuka kelas Cisco Academy. 
  6. Biaya-biaya yang dikeluarkan
    1. Pendaftaran Cisco Networking Academy tidak dipungut biaya sama sekali
    2. Biaya pelatihan kurang lebih Rp. 3.800.000,-/ training (pada saat tulisan ini dibuat). Biaya pelatihan ini di luar akomodasi dll. Untuk akomodasi dll harap diperhitungkan sendiri. Pelatihan Instruktur dilakukan 2 kali masing-masing selama 2 minggu, yaitu untuk CCNA RS 1 & 2, jika lulus dilanjut ke CCNA RS 3 & 4.
    3. Untuk Academy baru, dibebaskan iuran tahunan untuk 2 tahun pertama sejak diaktifasi. Untuk tahun ketiga akan dikenai iuran tahunan dibayarkan ke ASC/ITC tahun dan tahun2 selanjutnya, dengan rincian :
      • SLTA/SMK sebesar Rp. 1.500.000,- pertahun
      • Perguruan Tinggi sebesar Rp. 3.000.000,- pertahun

Cara Mendirikan MikroTik Academy :
  1. Ada guru/dosen yang memiliki sertifikasi MTCNA dan salah satu advance level (MTCRE/MTCTCE/MTCWE/MTCUME/MTCINE) dengan skor 75% ke atas untuk ke dua sertifikasi tersebut.
  2. Mengisi form pendaftaran online MikroTik Academy dengan lengkap.
  3. Setelah menerima email approval dari MikroTik, isi dan kirimkan 2 rangkap MikroTik Academy Agreement kepada Edmund Aperans di kantor pusat MikroTik di Riga, Latvia.
  4. Apabila Agreement sudah diterima MikroTik, guru/dosen akan memperoleh sertifikasi Academy Trainer. MikroTik juga akan mengirimkan 20 unit RB, sertifikat asli Academy Trainer dan seragam Academy Trainer ke institusi.
  5. MikroTik Agreement-nya nanti ada di email dari MikroTik kalau pendaftaran kita disetujui.
  6. MikroTik Academy trainer bisa mengadakan ujian sertifikasi MTCNA secara gratis hanya untuk siswa/mahasiswa institusinya saja, tidak untuk umum
  7. Tidak ada annual fee. 
  8. Dapat bantuan perangkat lab. 
  9. Bisa mengadakan ujian sertifikasi MTCNA sendiri secara gratis.
  10. Sebaiknya menghubungi Mikrotik Academy Koordinator untuk membantu proses sertifikasi, registrasi dan pemberkasan.

Syarat Menjadi MikroTik Certified Trainer :
  1. Memiliki sertifikat MTCNA dan minimal 1 sertifikasi advance level dengan minimal skor masing-masing 75%.
  2. Mendaftar dan mengikuti MikroTik Train-the-Trainers. Biaya training sekitar USD 595-645 (blm termasuk transport, penginapan dan makan).
  3. Membuat materi presentasi dalam bahasa Inggris untuk dipresentasikan di Train-the-Trainer (presentasi bisa lebih dari sekali kalau yg pertama dianggap masih kurang bagus).
  4. Di akhir training ada ujian MTCNA dan harus lulus dengan skor 75% ke atas.
  5. Kriteria kelulusan dilihat dari aktifitas selama training, performa waktu presentasi, dan hasil ujian MTCNA di hari terakhir. Salah satu elemen gagal, Anda tidak lulus jadi MikroTik Certified Trainer.

berikut ini adalah link untuk contoh surat-surat yang dibutuhkan

berkas contoh surat-surat pengajuan network academy

No comments:

Post a Comment